Tentang Gynecomastia

Payudara Pria Yang Membesar

Posted on: April 20, 2011


Beberapa waktu lalu saya mendapatkan konsulan dari sejawat yang bertugas di klinik Kepolisian terhadap beberapa orang anak muda calon anggota baru institusi angkatan tersebut.Masalahnya, mempertanyakan kebenaran diagnose gynecomastia dan jika memang benar, diharapkan pula penanganan lebih lanjut. Mungkin dari persyaratan perekrutannya, seorang calon anggota tidak boleh sedang menderita Gynecomastia

Memang tidak mudah menilai apa benar diagnose itu pada beberapa anak muda yang rata-rata memiliki dada berotot yang lalu justru di bagian sekitar payudara nampak relatif lebih besar dari biasanya.

Ya, gynecomastia adalah pembesaran payudara pada laki-laki. Masih dibedakan apakah suatu ‘pseudo gynecomastia’ atau memang ‘true gymnomastia’. Pseudo gynecomastia merupakan perkembangan yang masih bisa dikatakan dalam batas normal pada anak laki-laki masa pubertas atau remaja umur belasan. Dan merupakan tumpukan deposit lemak di sekitar jaringan payudara terutama pada anak remaja gemuk atau obase. Sedangkan true gynecomastia merupakan pembesaran yang berasal dari pertumbuhan kelenjar dan jaringan mamae atau jaringan payudara itu sendiri. Untuk kasus ini jumlahnya jauh lebih kecil dari yang pertama. Gynecomastia terbentuk dari tidak seimbangnya level hormon estrogen (hormon wanita) yang relatif lebih tinggi dibandingkan dengan kadar hormon androgen (hormon laki)  dalam tubuh seorang laki-laki. Dengan begitu ada juga kemungkinan seorang anak laki dari sejak lahir telah secara fisiologis menderita gangguan ini. Keadaan ini disebut juga sebagai physiologis gynecomastia.  Ketidakseimbangan akibat fluktuasi kadar hormon androgen dan estrogen –yang secara normal terbentuk dalam tubuh seseorang- akan kembali ke komposisi normalnya lagi setelah 6 bulan hingga 2 tahun. Jadi kalau gejala pembesaran payudara seorang remaja laki akibat relatif kelebihan hormone estrogen lebih dari 2 tahun maka merupakan satu persistence gynecomastia.

Ada beberapa kondisi medis yang bisa memicu untuk timbulnya gynecomastia. Kelainan itu misalnya malnutrisi, gangguan fungsi liver kronis, kelainan fungsi testis, penyakit ginjal kronis dan hyperthyroid. Sedangkan efek samping obat yang dapat pula menimbulkan penyakit ini antara lain; golongan obat anti hipertensi, beberapa antibiotika, obat anti ulcus lambung, obat anti kanker prostat dan lain-lain. Gejala klinis yang mengarah pada diagnose kelainan ini kalau didapatkan pembesaran diameter lebih dari 0,5 cm, biasanya pembesaran ada di kedua payudara, sekalipun tidak sama besar. Pada kasus yang lebih jarang bisa saja kejadiannya pada satu sisi. Tidak dirasakan nyeri, kecuali sedikit terasa lebih sensitif dari biasanya. Diagnose bisa cukup ditegakkan dengan pemeriksaan klinis yang tentu ditopang oleh katerangan pasien lainnya menyangkut riwayat konsumsi obat, penyakit penyerta dan bisa ditunjang dengan pemeriksaan laboratorium. Pemeriksaan mamografi diperlukan jika ada kecurigaan ke arah keganasan (terjadi pada 1% kasus).

Penanganannya dengan obat-batan. Antara lain golongan pengganti testosterone, golongan selektif estrogen reseptor modulator dan aromatize inhibitor. Obat obatan ini efektif pada penggunaan terhadap kasus awal gynecomstia. Pada keadaan yang lebih lanjut atau penyelesaian secara pintas adalah dengan pembedahan. Gynecomastia yang berlangsung lama dapat menyebabkan terbentuknya jaringan fibrotik yang jelas mengganggu dari sisi estetik penampilan. Jika mengingat bahwa ada kemungkinan –sekalipun sangat kecil- dapat mengandung sel kanker, maka cara pembedahan mungkin menjadi keputusan yang tepat dan efektif dalam mengatasi gynecomastia….

Sumber: http://spesialisbedah.com/2009/10/pembesaran-payudara-laki/#more-435

By: Eka Kusmawan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: