Tentang Gynecomastia

Gynecomastia

Posted on: April 19, 2011


Gynecomastia adalah pembesaran jaringan dada pria yang disebabkan karena ketidakseimbangan hormon estrogen dan testosteron. Diperkirakan, antara 40 hingga 60 persen kaum pria mengalami pembesaran payudara; pria muda yang mengalami kegemukan sering memiliki area payudara yang membesar. Operasi gynecomastia atau male breast reduction dapat menjadi solusi untuk mengembalikan ukuran payudara laki-laki ke ukuran normal. Dokter ahli bedah plastik menyarankan operasi ini jika gynecomastia telah berlangsung selama lebih dari dua tahun, atau jika masalah tersebut menjadi lebih parah. Pilihan lain untuk mengatasi masalah gynecomastia dan payudara asimetri pada remaja adalah tindakan liposuction.
Sumber: http://ultimoclinic.com/services/teenager/gynecomastia

2 Responses to "Gynecomastia"

malam, saya mau bertanya tentang apa yg saya alami,,,sebelumnya saya ingin menceritakan bahwa saya mengkonsumsi steroid, lalu ke2 puting saya mulai membesar dan terasa ada seperti jaringan keras tepat di dalam puting saya.lalu jika jaringan keras itu saya tekan dari atas dan bawah dengan “kuat”, terasa sakit dan puting mengeluarkan cairan sedikit berwarna bening. apakah ini termasuk gynecosmastia ataukah kanker payudara ?? apakah penggunaan tamoxifen dan letrozole akan dapat menyembuhkan?terima kasih

Malam,penggunaan steroid memang memiliki hubungan hubungan yang kuat dg angka kejadian gynecomastia. Namun jika sampai keluar cairan spt kasus anda sebaiknya segera konsul ke dokter.penggunaan tamoxifen belum terbukti menyembuhkan gynecomastia.golden standard penyembuhan gyno hanya satu yaitu operasi.

Leave a Reply

